in

Alasan Orang Menyerah Terlalu Dini – RadioJFM

Mungkin sekarang Anda sedang mengerjakan proyek besar. Anda merasa segala tantangan terlalu berat sehingga rasanya ingin menyerah saja. Tapi, tunggu. Jangan-jangan, kalau menyerah sekarang, Anda akan melewatkan keberhasilan yang tinggal satu langkah lagi. Sambil menimbang keputusan tersebut, Anda perlu tahu alasan orang menyerah terlalu dini seperti disarikan dari Inc.com berikut ini.

Merasa kemampuan diri tidak mumpuni

Berapa banyak orang yang berbicara tentang sesuatu yang prestisius, namun tidak pernah berusaha untuk mendapatkannya? Banyak. Manusia memang mudah jatuh cinta dengan hal yang besar. Mungkin Anda sangat ingin menjadi entrepreneur teknologi terkenal. Tapi, tidak mau bersusah payah duduk di kamar gelap bertahun-tahun untuk belajar coding.

Lalu, ketika Anda mulai berusaha mencapai tujuan, sebuah tantangan besar menghadang di depan mata. Ternyata, keterampilan dan keahlian Anda tidak cukup baik. Maka, akhirnya Anda memutuskan  menyerah dan menyerahkan tugas pada rekan kerja yang dianggap lebih baik. Sebab Anda menganggap rintangan pertama adalah awal dari jalur kegagalan.

Solusi: Mungkin atasan Anda memang sengaja memberikan tugas ini untuk mengembangkan keterampilan pegawainya. Maka Anda bisa mengasah keahlian sambil menjalankan tugas. Anda bisa belajar dari mentor, rekan kerja di kantor dan bahkan dengan berselancar dan mencari jawaban di dunia maya.

Terlalu memerdulikan pendapat orang lain

Seseorang bisa menyerah karena takut akan penilaian orang lain. “Apa yang mereka pikirkan kalau saya gagal?” Lalu, ketika benar-benar gagal, jalan keluarnya adalah dengan menyalahkan hal lain di luar diri sendiri. Misalnya, menyebutkan ada kesalahan teknis atau bahkan menuduh orang lain sebagai kambing hitam.

Solusi: Mulai sekarang, Anda harus berhenti memikirkan pendapat orang lain. Fokus saja dengan apa yang Anda kerjakan. Jika Anda memang gagal pada akhir proyek, maka anggaplah pendapat orang lain sebagai kritik yang membangun. Sebaliknya, bila Anda mengubur pikiran untuk menyerah saat ini, melanjutkan tugas dan berhasil menyelesaikannya, maka Anda akan membungkam mereka. Lalu bersiaplah menerima pujian.

Terganggu dengan keberhasilan orang lain

Ketika Anda sedang mencoba menyelesaikan sebuah tugas dari atasan, kemudian datanglah seorang rekan kerja yang melaporkan kemajuan proyeknya yang cemerlang pada rapat mingguan. Rekan tersebut menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari seharusnya. Anda merasa terganggu dengan hal ini. Lalu Anda berpikir: “Mengapa dia bisa? Mengapa saya tidak bisa?” Pada akhirnya, Anda menganggap diri telah gagal dan menyerah begitu saja.

Radio JFM – Source