in

Ayah Sibuk dan Perhatiannya Terhadap Anak Berkurang? Jangan Khawatir, Ini Cara Ayah Bekerja Agar Dekat Dengan Anak – RadioJFM

Pada prinsipnya bagi pria menjadi seorang ayah adalah kebanggaan yang sangat luar biasa, moment tersebut sangat dinanti-nanti oleh para pria yang istrinya sedang mengandung pertama kali. Ada rasa bahagia, haru, dan juga rasa grogi.

Rasa bahagia sekaligus harus terbut disebabkan karena para pria mau tidak mau harus menghadapi rutinitas yang tidak biasa atau baru. Seperti misalnya: terbangun pada malam hari, mengganti popok, dan mengawasi pertumbuhan si kecil.

Kita tahu seorang lelaki juga memiliki tugas yang tidak kalah beratnya dengan seorang ibu yakni menjamin kelangsungan kehidupan anak dan istri, artinya ayah harus mencari nafkah di luar rumah. Hal itu tentu menyebabkan ayah akan sibuk dengan aktifitasnya sehingga perhatiannya terhadap anak akan berkurang. Tentu kondisi tersebut mengakibatkan si kecil merasa tidak dekat dengan sang ayah.

Nah, tetapi anda jangan khawatir, sebenarnya ayah pun bisa dekat dengan anak meski dia sibuk sekali pun. Asalkan tahu caranya dan bisa memilih waktu yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas oleh penulis mengenai kedekatan ayah dengan anak meski ayah sibuk bekerja.

Cara ayah mendekati anak meski sibuk

Memang tidak mudah bagi seorang ayah untuk tetap merasa dekat terhadap anak, karena adanya aktifitas sehari-hari yang lebih banyak berada di luar mencari nafkah. Berbeda dengan seorang ibu yang memang kesehariannya lebih banyak bersamanya, mulai dari pagi sampai malam lagi.

Maka tak heran jika para anak lebih cenderung dekat dengan ibunya ketimbang ayahnya. Sedangkan kita tahu anak akan bertemu dengan ayahnya ketika pagi sebelum ayah berangkat kerja, dan ketika ayah pulang dari kerja. Terkadang ketika ayah pulang si kecil sudah tidur lelap.

Namun sebenarnya jika ayah memiliki tekat dan niat maka tetap bisa mendekati anaknya selayaknya ibu, yakni dengan memilih waktu dan moment yang tepat untuk bersama si kecil. Mungkin bagi ayah yang ingin sekali bisa dekat dengan anak disela-sela kesibukannya, maka bisa ikuti panduan berikut ini.

Cara mendekati anak supaya dekat dengan ayah

Jika ayah ingin dekat kepada si kecil tentu harus dilatih sejak anak masih bayi, karena dengan demikian naluri si anak akan dapat menyatu selayaknya dengan ibunya. Ayah bisa melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini setelah bekerja. Mungkin melelahkan, tetapi harus anda lakukan supaya anak bisa dekat dengan anda.

1. Biasakan untuk mengganti popok ketika si kecil pup atau ngompol

Tentu hal tersebut merupakan kegiatan yang paling dasar yang harus dimiliki oleh para ayah. Ayah harus tahu bagaimana cara mengganti popok dan kapan harus dilakukan. Terutama perhatikan pada saat bayi merasa tidak nyaman dan sering rewel.

2. Memberi makan pada bayi

Mungkin bisa jadi tugas yang satu ini adalah tugas yang sangat menakutkan bagi seorang ayah. Ketika memberi makan si kecil, memerlukan kesabaran dan juga toleransi yang banyak pada si kecil. Tentu ayah bisa menggantikan tugas istri untuk menyuapi si kecil dengan mengajaknya bermain atau membacakan dongeng atau cerita sambil dia makan.

3. Menanamkan sikap toleransi

Ayah perlu melatih rasa toleransi terhadap anak, seperti misalnya ketika dia rewel dan ingin digendong oleh anda karena pada prinsipnya dia hanya mencari perhatian untuk mendapatkan kasih sayang dari anda.

4. Biasakanlah untuk mengajak si kecil bermain

Perlu ayah tahu bahwa bermain dengan anak dapat membantu membangun sebuah ikatan batin antara ayah dengan anak. Jika anak anda masih berusia di bawah lima tahun maka mainan sederhana yang bisa dimainkan, seperti misalnya peek-a-boo. Namun jika si kecil berusia di atas empat tahun maka anda bisa mengajaknya bermain dengan permainan yang menantang.

5. Ikut serta dalam merawat anak

Tentu tidak hanya mengganti popok saja, melainkan merawat anak seperti memandikan si kecil. Dengan begitu si kecil pun akan merasa dekat dengan anda sebagai ayahnya.

6. Berikanlah saran dan ajaklah dia berbicara

Sebagai figur seorang ayah, maka anda pun wajib untuk memberi pengertian atau pemahaman yang berupa saran dan penjelasan terhadap anak pada saat dia menghadapi suatu masalah. Tetapi, ketika si kecil belum bisa berbicara maka berikanlah perkataan yang mudah dimengerti olehnya.

7. Selalu menjadi panutan

Anak-anak akan mencerminkan sikap dari orang tuanya, oleh karena itulah berikan contoh yang baik kepada anak-anak sejak dini, terutama ketika dia mulai beranjak besar, selalu perhatikan tingkah laku dan gaya bicara anda. Sebab jika tidak maka anak akan menirukan dan mengambil contoh yang kurang baik.

8. Berikanlah dukungan kepada anak

Setiap pilihan anak selagi tidak menyimpang sebaiknya anda dukung. Jangan memaksakan kehendak anda sementara anak tidak merasa nyaman. Sebaiknya anda memberikan keleluasaan kepada anak untuk menentukan pilihannya selagi baik dan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.

9. Ajaklah berlibur

Ketika anda sedang libur bekerja, maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya berlibur bersama keluarga. Ajaklah ia bermain ke suatu tempat yang membuatnya senang dan bahagia.

10. Selalu pantau kondisi anak

Ini hal yang sangat penting harus dilakukan oleh para ayah, yakni memantau anak-anaknya ketika beraktifitas di luar. Ketika mengetahui si anak kurang tepat dalam berbuat, maka nasehatilah dengan bijaksana, berikanlah pengertian dan pemahaman yang bisa diterima oleh si anak dengan tanpa emosional.

Itulah tadi ulasan mengenai kedekatan antara ayah dan anak. Semoga artikel di atas dapat menjadi inspirasi baik bagi para orang tua.

Radio JFM – Source