in

Begini Kerennya JPO di Stasiun Tanah Abang – RadioJFM




Jakarta – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Stasiun Tanah Abang telah rampung dibangun. Kini penumpang dapat menyeberang antarperon tanpa perlu lewat jalur rel. Lebih nyamannya lagi, JPO tersebut juga difasilitasi dengan eskalator.

JPO dibangun di bangunan hall baru Stasiun Tanah Abang, tepatnya di pintu masuk utama yang dibuka lewat jalan Jatibaru. detikcom menyusuri langsung JPO yang mulai berfungsi pada awal Maret 2017 ini.

Mulanya masuk melalui gate/ pintu masuk utama dari jalan Jatibaru. Terlihat ada 15 gate elektronik. Penumpang harus memiliki tiket elektronik untuk dapat masuk. Usai masuk dari gate tersebut, detikcom mencoba untuk menyusuri JPO.

 Begini Kerennya JPO di Stasiun Tanah Abang Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Di JPO Stasiun Tanah Abang, penumpang tak perlu capek-capek untuk menaiki tangga. Ada 6 eskalator yang disediakan untuk penumpang di masing-masing peron.

Eskalator di peron 2 dan peron 3 disediakan untuk penumpang Commuter Line dengan tujuan Duri, Jatinegara, Manggarai, Bekasi, Depok dan Bogor. Sementara eskalator di peron 5 dan 6 untuk penumpang tujuan Serpong, Parung Panjang, Maja dan Rangkasbitung.

Selain eskalator, di JPO juga disediakan tiga tangga manual bagi penumpang. Di sisi kiri dan kanan JPO dipasang kaca. Terdapat tulisan dengan label ‘Awas Kaca’ di kaca tersebut. Di JPO juga terdapat kipas angin dan sejumlah CCTV yang dipasang.

Dari JPO, penumpang sekaligus dapat melihat pemandangan gedung-gedung bertingkat serta depo lokomotif. Penumpang Commuter Line, Edy, mengatakan dengan menggunakan eskalator memudahkannya untuk menuju peron. Kendati demikian, dirinya masih bingung soal arah penunjuk jalan di JPO.

“Ini bagus banget. Kayak di mall. Cuma petunjuk arahnya masih belum jelas,” ujar Edy.

 Begini Kerennya JPO di Stasiun Tanah Abang Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Hal senada juga diungkapkan oleh Hendy yang kebingungan soal arah di JPO. “Ini sudah bagus, pakai eskalator. Tapi kalau saya mendingan naik tangga, lebih cepat. Soalnya di eskalator banyak peminatnya. Jadinya ngantri,” kata Hendy.

Vice President Komunikasi PT KCJ Eva Chairunnisa mengatakan, pihak PT KCJ bersama PT KAI nantinya akan membangun fasilitas lain di hall baru Stasiun Tanah Abang. Pihaknya juga tengah melakukan pengerjaan untuk penyambungan peron dengan JPO.

“Nanti di hall akan dibangun musala dan counter lost and found. Saat ini sedang penyambungan peron yang dulunya area crossing di jalur 2 dan 3. Untuk jalur 5 dan 6 sudah selesai penyambungan peronnya. Kita harapkan akan sangat berguna dari sisi safety,” ujar Eva.

(nkn/adf)

Radio JFM – Source