in

Bolehkah Cuti Setelah Kehilangan Hewan Peliharaan? – RadioJFM

Jika Anda tidak punya hewan peliharaan sendiri atau bukan penyayang binatang, Anda mungkin akan butuh empati luar biasa besar untuk memahami kesedihan yang dirasakan pemilik hewan peliharaan ketika hewan kesayangan mereka meninggal.

Untuk banyak orang, duka dari kepergian hewan peliharaan sama besarnya dengan duka kepergian anggota keluarga, terutama jika mereka tumbuh besar bersama dengan peliharaan. Kedekatan yang spesial antara pemilik dan hewan peliharaan bisa dibilang membuat kehilangan ini terasa lebih signifikan hingga mempengaruhi kemampuan menjalani hari seperti biasanya.

Karena itu di beberapa komunitas profesional di Amerika Serikat mulai muncul permintaan terhadap ketersediaan cuti berkabung untuk hewan peliharaan.

Perusahaan yang menawarkan cuti berkabung untuk peliharaan

Sejumlah pegawai beruntung yang bekerja di beberapa perusahaan di Amerika dikabarkan telah menikmati hak khusus untuk pemilik hewan peliharaan, termasuk kebutuhan berkabung ketika sedang berdukacita.

Dikutip dari Huffington Post, sejak tahun 1981, Kimpton, perusahaan yang menjalankan bisnis restoran dan hotel, telah menawarkan beragam fasilitas untuk pegawai pemilik hewan peliharaan seperti asuransi untuk peliharaan, cuti dukacita, dan perlengkapan bagi hewan peliharaan seperti mangkuk minum, mainan, dan tempat tidur hewan.

Perusahaan lain seperti firma HR Maxwell Health dan perusahaan asuransi hewan peliharaan Trupanion menawarkan cuti berbayar untuk pegawai pemilik hewan peliharaan yang berduka.

Perusahaan software VMware, tidak memiliki aturan formil mengenai cuti khusus kematian hewan peliharaan, namun mereka memberikan jatah libur terpisah yang bebas digunakan pegawai untuk memberi mereka kesempatan mengatasi segala macam permasalahan hidup, begitu tutur jubir perusahaan Michael Thacker.

Radio JFM – Source