in

Cara Berkata ‘Tidak’ Kepada Bos di Kantor – RadioJFM

Saat bos meminta Anda datang ke sebuah acara networking yang tidak menarik, maka tolak permintaan tersebut dengan mengatakan,” Saya tidak tertarik, terima kasih.” Anda akan merasa lega setelah mengatakan ‘tidak’. Sementara atasan juga memahami alasan Anda.

Namun, apa jadinya jika Anda mengggunakan taktik yang sama untuk menolak tugas baru dari bos? Mungkin atasan Anda akan kecewa dan mengernyitkan dahi. Masalahnya, Anda bukannya tidak mau mengerjakan proyek. Anda hanya kewalahan dengan tugas lainnya. Lagipula, Anda merasa tidak yakin bisa menyelesaikan tugas baru dengan baik.

Daripada memaksakan diri menerima tugas baru, lebih baik Anda belajar menolak permintaan bos. Berikut cara berkata ‘tidak’ kepada atasan tanpa harus terlihat malas dan inkompeten seperti dikutp dari Businessinsider.co.id.

Ketika Anda Sudah Kelebihan Beban dengan Tugas Lain

Kebanyakan manajer akan terus memberi tugas baru sampai pegawai berkata ‘tidak’. Atau, jika bisa menyusun kalimat lebih baik, cobalah untuk mengatakan,” Jika Bapak memberikan tugas X, maka proyek Y akan terhambat.” Dengan kata lain, Anda mencoba memertahankan prioritas tugas Anda.

Setelah menolak tugas, Anda bisa menjelaskan bahwa ingin melakukan yang terbaik untuk setiap proyek. Sampaikanlah perasaan cemas yang mengganggu pikiran. Anda takut tidak bisa menyelesaikan semua tugas dengan kualitas terbaik. Lalu tunjukkan kemajuan proyek yang sedang Anda kerjakan. Anda bisa menunjukkan bahwa ingin mencapai target yang telah ditetapkan atasan.

Terakhir, jangan lupa untuk berterima kasih kepada atasan. Ketika bos memberi tugas, maka dia menaruh kepercayaan besar di pundak Anda.

Ketika Anda Memiliki Beberapa Atasan yang Tidak Saling Berkonsultasi saat Memberikan Tugas

Radio JFM – Source