in

Cara Hemat Energi di Kantor – RadioJFM

Earth Hour telah diperingati pada akhir pekan lalu. Lampu-lampu gedung perkantoran milik pemerintah dan swasta serta landmark kota di berbagai belahan dunia dipadamkan selama satu jam. Kegiatan ini dalam rangka kampanye penghematan energi. Tapi, Earth Hour sebenarnya belum selesai. Kita harus terus menerapkan gaya hidup hijau di rumah, di kantor, dan di mana pun juga.

Bukan hanya pengelola gedung perkantoran yang bisa berpartisipasi dalam Earth Hour. Setiap pegawai kantoran juga bisa ikut menghemat energi di tempat kerja. Penghematan energi baik untuk keberlangsungan bisnis, sebab akan memotong pengeluaran perusahaan. Berikut beberapa hal yag bisa dilakukan untuk menghemat energi di kantor –terutama pada perusahaan kecil atau kantor start up baru – seperti disarikan dari Smallbiztrends.com, Doityourself.com, dan Laserelectrical.com.au.

Mematikan lampu

Jangan pernah lupa mematikan lampu ruangan yang tidak tepakai. Setelah selesai menggunakan ruang rapat, seseorang harus memencet saklar, mengubahnya dalam posisi off. Hal ini juga berlaku buat Anda yang keluar kantor paling akhir, setelah bekerja lembur. Jangan andalkan satpam atau office boy. Semua orang di kantor harus bertanggungjawab untuk hemat energi.

Memerbaharui peralatan elektronik

Buat Anda yang duduk sebagai pemangku kebijakan atau bekerja di bagian logistik kantor, sebaiknya memikirkan penggunaan peralatan elektronik yang hemat energi. Pilihlah lampu LED untuk pencahayaan ruangan. Jangan lupa memerhatikan seberapa terang cahaya yang dihasilkan. Apakah cukup untuk menerangi ruangan besar? Lalu lihat juga keterangan konsumsi energi yang dibutuhkan.

Ubah pengaturan pada laptop atau komputer

Apakah Anda masih menggunakan screen saver tertentu pada layar komputer atau laptop? Saat Anda tidak menggunakan laptop, maka akan muncul slide show foto Anda dan pemandangan lainnya. Sebaiknya Anda mengubah settingan komputer sekarang. Layar komputer gelap saat tak digunakan adalah pemandangan terbaik. Jadi, Anda mesti mengubah pengaturan agar laptop atau komputer mati atau beralih ke mode “hibernate” beberapa menit setelah ditinggalkan.

Hindari “perang thermostat

Berdasarkan survey Careerbuilder, sebagian pegawai kantoran terlibat dalam “perang thermostat”. Seorang pegawai yang biasa pakai air conditioner (AC) di rumah, selalu mengatur pendingin ruangan pada suhu rendah. Sementara pegawai lain yang merasa kedinginan ingin mengubah pengaturan.

Radio JFM – Source