in

Cara HRD Membantu Pegawai – RadioJFM

Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resource and Development/HRD) adalah salah satu yang berperan besar dalam proses rekrutmen Anda sebagai karyawan di kantor. Mereka yang menyiapkan dokumen untuk diisi kandidat pegawai. Mereka juga yang akan memecat pegawai pemalas atau memberhentikan seseorang ketika bisnis butuh perubahan. Dengan begitu, banyak orang justru menghindari singgungan dengan divisi sumber daya manusia. Kalau bisa, pegawai berada sejauh mungkin dari radar mereka.

Tapi, tahukah Anda kalau departemen sumber daya manusia bisa membantu perkembangan karier di kantor? Berikut sepuluh alasan mengapa Anda harus mampir ke ruang manajer HRD seperti dikutip dari Thebalance.com.

Perencanaan Karier

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tugas divisi HRD adalah untuk membantu kesuksesan perusahaan dalam bisnis. Dan, bisnis tidak akan sukses tanpa pegawai yang baik, yang mau maju dalam kariernya.

Manajer HRD bisa membantu Anda memetakan jalur karier Anda. Sehingga Anda bisa mencapai tujuan utama. Misalnya, jika Anda ingin menjadi CFO (Chief Financial Officer), maka manajer akan membantu mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan Anda. Kemudian, mereka membantu mengarahkan Anda ke jalur yang benar. Sebagai bonus, manajer HRD bisa saja mengajukan nama Anda pada atasan langsung Anda untuk mengerjakan suatu proyek. Sebab, manajer HRD sudah tahu kemampuan Anda dan memahami tujuan karier Anda.

Mengatur Manajer

Tidak semua manajer melakukan pekerjaan mengagumkan. Dan, tidak semua manajer yang mengagumkan itu baik untuk bawahannya. Jika Anda mendapat bos yang tidak cocok dan selalu menyulitkan, cobalah mengungkapkan kegelisahan pada divisi HRD. Namun, saat menghadap HRD, sebaiknya Anda tidak mengeluh tentang manajer. Anda bisa bertanya pada HRD tentang apa yang harus dilakukan agar menjadi lebih baik. Misalnya: “Saya dan atasan seringkali berselisih paham. Apakah Anda bisa memberi tips agar kami bisa bekerja sama dengan lebih baik?”

Melanjutkan Pendidikan

Anda bisa menghadap HRD jika ingin tahu fasilitas pendidikan yang disediakan perusahaan. Apakah perusahaan membolehkan Anda cuti untuk sekolah? Bagaimana pembayaran gaji Anda selama cuti sekolah?

Biasanya, perusahaan akan memberikan izin untuk pegawai menuntut ilmu yang berguna untuk kemajuan perusahaan. Misalnya, Anda seorang manajer junior yang ingin mengambil gelar master di bidang manajemen. Namun, jika Anda tidak butuh gelar baru, staf HRD bisa saja menyarankan sebuah kursus singkat atau pelatihan yang bisa mengasah keterampilan Anda.

Mengubah Penilaian Kinerja

Apakah penilaian kinerja Anda sudah akurat? Kebanyakan HRD akan mendukung atasan Anda. Sebab, mnajer Anda yang melihat performa pegawai sehari-hari, sementara HRD harus mengawasi karyawan dalam jumlah besar. Tapi, Anda bisa bicara dengan HRD jika merasa ada kesalahan dalam penilaian performa.

Saat Anda menghadap manajer HRD, bawalah bukti yang kuat, jangan hanya mengeluh tentang ketidakadilan pada penilaian performa. Lalu, manajer HRD akan melihat data dan fakta dari Anda, membandingkannya dengan rekan kerja dan performa Anda sendiri pada periode sebelumnya. Jika manajer HRD merasakan ada sesuatu yang salah, maka dia akan bicara kepada atasan langsung Anda.

Membantu Memoles Resume

Radio JFM – Source