in

Cara Tak Terlupakan Untuk Menyambut Anak Baru – RadioJFM

Kebanyakan perusahaan menyambut karyawan baru dengan mendapat penjelasan singkat tentang visi misi perusahaan, tur keliling kantor dan berkenalan dan basa-basi dengan staf lain. Setelah itu dia akan langsung dihadapkan dengan tumpukan tugas.

Anak baru harus beradaptasi dan belajar cepat agar bisa langsung kerja, kerja dan kerja. Perusahaan tidak berpikir tentang bagaimana menyambut pegawai dengan lebih baik. Mereka seharusnya membuat karyawan yang baru datang merasa nyaman, mendapat apresiasi dan menjadi bagian dari budaya perusahaan selanjutnya.

Namun, ada pula pimpinan perusahaan yang sudah menerapkan cara yang berbeda untuk menyambut pegawai baru dengan baik. Mereka ingin memberi kesan pertama yang baik kepada anak baru. Kalau bisa, hari pertama masuk kerja adalah hari yang akan diingat selamanya. Sehingga, pegawai baru akan loyal terhadap perusahaan. Berikut cara menyambut anak baru di kantor seperti dikutip dari Fastcompany.com.

Membuat strategi penyambutan

Semua orang yang bekerja secara langsung dengan pegawai baru harus merencanakan strategi penyambutan. Mulai dari manajer hingga semua staf di divisi. Pada saat membahas ide penyambutan, manajer dan karyawan lama harus bisa menjawab pertenyaan seperti: “Bagaimana rasanya hari pertama –atau pekan pertama— di kantor?” Lalu, semua orang mulai merumuskan strategi dengan menjawab pertanyaan: “Apa yang bisa dilakukan agar anak baru merasa nyaman, diterima dan diapresiasi?”Setelah rencana disusun, pastikan setiap orang mendapat peran dan terlibat dalam penyambutan karyawan baru.

Membuat foto kolase staf lama

Biasanya, pegawai baru akan merasa cemas pada hari pertama. Dia khawatir tidak bisa mengingat semua nama pegawai yang ditemui di kantor. Dia juga takut tidak cocok bekerja sama dengan karyawan lain.

Maka, manajer dan karyawan lama bisa memerkenalkan diri dengan cara yang lebih menarik. Jangan sodorkan bagan susunan organisasi yang hanya berisi nama dan jabatan. Tapi, Anda bisa membuat foto kolase dari supervisor dan semua staf di divisi. Anda bisa mencantumkan informasi personal seperti keluarga, hewan peliharaan, hobi, destinasi wisata favorit, atau quote tertentu.

Dengan begitu, tekanan yang dirasakan pegawai baru akan berkurang. Dia juga akan mengingat lebih banyak orang pada hari pertama. Anak baru akan merasa bergabung di sebuah keluarga besar.

Radio JFM – Source