in

Disebut Rawan Kejahatan, Begini Kondisi Tol Dekat Citos Jaksel – RadioJFM





Jakarta – Kejahatan jalanan masih rawan terjadi di Ibu Kota. Ada sejumlah lokasi yang disebut rawan, salah satunya yaitu di kolong jalan tol.

Beberapa hari terakhir, sebuah pesan berantai di WhatsApp berisi imbauan agar warga Jakarta waspada apabila melintas di kolong tol dekat Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan.

detikcom mencoba mengecek kondisi kolong tol di dekat Citos pada Sabtu (4/3/2017) sekitar pukul 00.30 WIB. Di dekat Citos, ada 3 kolong tol yaitu putaran balik di perempatan Jalan Fatmawati yang memotong Jalan TB Simatupang, lalu ada kolong tol dari arah Jalan Pangeran Antasari ke Jalan TB Simatupang, dan putaran dua arah di Jalan TB Simatupang (baik dari arah Lebak Bulus atau dari Ragunan).

Lokasi pertama dari arah RagunanLokasi pertama dari arah Ragunan Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

Di lokasi pertama, kondisi cukup ramai. Terlihat beberapa taksi parkir di pinggir jalan dan sopirnya tampak duduk di trotoar jalan dekat mobil mereka. Lampu jalan juga cukup terang.

Namun, Agus (42), salah satu pedagang minuman di sekitar lokasi itu mengatakan pernah terjadi perampokan di wilayah itu. Hanya saja kejadian itu sudah lama terjadi yaitu sekitar pertengahan tahun 2016.

“Biasanya, dilakukan ketika jalan sepi. (kejadian biasanya terjadi) lewat jam 00.00 WIB,” ujar Agus saat ditemui di sisi Jalan TB Simatupang dari arah Lebak Bulus ke Ragunan, dekat putaran balik di perempatan Jalan Fatmawati.

“Biasanya kejadian menjelang puasa. Nggak sering, biasanya ada, terus tiga atau empat bulan lagi baru ada kejadian lagi,” ujar Agus yang mengaku sudah berjualan sekitar 30 tahun.

Lokasi ke dua dari arah Jalan Pangeran AntasariLokasi ke dua dari arah Jalan Pangeran Antasari Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

Agus mengatakan kejadian perampokan itu terjadi di Jalan TB Simatupang dari arah Ragunan ke Lebak Bulus. Lokasi itu menurutnya lebih sepi dari pada arah sebaliknya.

“Biasanya di sana, orang dirampok, dijambret, tas, dompet, atau motor. Datang-datang ke sini sudah bonyok dipukul,” kata Agus.

Di lokasi kedua yaitu kolong tol dari arah Jalan Pangeran Antasari ke Jalan TB Simatupang, Agus mengatakan cukup rawan juga. Saat detikcom melintas di lokasi itu memang penerangan jalan agak minim.

“Ada lagi tuh (kejadian perampokan) di sana di setelah tanjakan yang putaran itu, yang kolong itu,” ucapnya.

Sedangkan, kondisi lokasi ketiga tidak berbeda jauh dengan lokasi kedua. Lokasi ketiga itu berdekatan dengan lokasi kedua.

Saat detikcom memantau ketiga lokasi itu, kondisi arus lalu lintas tampak ramai lancar. Banyak kendaraan yang menggunakan putaran itu untuk memutar balik.

Lokasi ke tiga dari arah Lebak BulusLokasi ke tiga dari arah Lebak Bulus Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

(aik/dhn)

Radio JFM – Source