in

Enam Alasan Kerja di Kantor Lebih Baik Dari Work From Home – RadioJFM

Bekerja dari rumah (work from home) secara teori terdengar seperti konsep kerja yang sempurna. Fleksibilitas dan kebebasan memanajemen diri sendiri menjadi dua daya tarik terbesarnya. Tidak heran jika menyebarnya budaya kerja yang tidak terlalu formil di banyak perusahaan juga mengangkat popularitas konsep work from home.

Tapi apakah remote working selalu jauh lebih baik dari bekerja di kantor? Berikut beberapa alasan mengapa bekerja di kantor konvensional lebih unggul dari bekerja di rumah.

1. Rasa kebersamaan

Bekerja sendiri tanpa ada yang memonitor langsung memang memiliki daya tarik tersendiri, namun bekerja jauh dari para rekan kerja bisa membuat Anda merasa kesepian, terlebih bagi yang merasa memiliki kepribadian ekstrovert.

Anda mungkin bebas untuk bepergian ke mana saja kapan pun Anda mau, tapi dengan siapa? Anda masih harus menyesuaikan diri dengan jadwal teman-teman dan kolega Anda yang bekerja dengan jam kerja kantoran konvensional.

2. Disiplin dan motivasi kerja terjaga

Ketika orang-orang di kiri kanan Anda tenggelam dalam kesibukan, besar kemungkinan Anda juga merasakan ada dorongan untuk ikut sibuk bekerja. Paling tidak, gerak-gerik dan Anda diamati atau dimonitor langsung oleh manajer di tempat. Di kantor, Anda juga pasti akan berpikir dua kali sebelum tidur siang di sofa kantor.

Coba bandingkan dengan rumah yang rawan distraksi. Tidak hanya godaan untuk bersantai, urusan bersih-bersih dan tuntutan anggota keluarga bisa turut membuyarkan konsentrasi kerja.

3. Kinerja kerja relatif lebih mulus

Kemajuan teknologi memberi ilusi bahwa komunikasi interpersonal bisa dengan mudah tergantikan interaksi melalui jaringan internet. Namun bahkan dalam sesi video conference, makna dalam bahasa tubuh dan nada bicara pun tidak selalu tersampaikan dengan jelas, terlebih lagi untuk email dan pesan singkat. Padahal komunikasi di ruang yang sama membangun kepercayaan dan memuluskan kolaborasi antar rekan kerja karena aspek-aspek nonverbal jauh lebih mudah ditangkap dan dipahami.

Radio JFM – Source