in

Enam Manfaat Keberadaan HR Bagi Perusahaan – RadioJFM

Dari banyak departemen yang umum ditemukan dalam sebuah perusahaan, HR atau personalia biasanya dipandang sebagai sektor yang tidak mendatangkan profit secara langsung. Karenanya, ada saja institusi yang tidak menganggap departemen HR sebagai prioritas atau malah sama sekali tidak punya HRD.

HR memang paling identik dengan departemen yang sekedar menerima lamaran kerja dan menampung kritik saran pegawai. Padahal sebetulnya lingkup tanggung jawab HR jauh lebih dari sekedar manajemen pegawai. Apa saja manfaat HR untuk sebuah perusahaan?

1. Manajemen talenta baru

Departemen HR pertama-tama berfungsi menemukan dan menyaring kandidat pegawai dengan mengulas surat lamaran yang masuk dan mengadakan wawancara. Tapi lebih dari itu, HR bertanggung jawab menyediakan pelatihan dan ulasan kepuasan pegawai secara berkala untuk mempertahankan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia.

2. Melindungi hak pegawai

Tugas HR yang paling umum termasuk menampung keluhan, melakukan konsultasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang melindungi dan idealnya mensejahterahkan pegawai. Hal ini melingkupi formulasi kompensasi dan fasilitas yang tepat agar pegawai betah.

3. Membatasi kekuasaan manajemen

Radio JFM – Source