in

Enam Tips Sukses Wawancara dari Rekruiter Facebook – RadioJFM

Unggul di atas CV tidak menjamin Anda akan langsung diterima sebagai pegawai. Persaingan sengit antar kandidat pegawai memang dimulai dari ketika pihak HR menerima CV dan surat lamaran, tapi ujungnya ditentukan di ruang wawancara.

Hal yang sama juga terjadi di Facebook. Perusahaan sekaliber Facebook tentu tidak kekurangan surat lamaran dan CV dengan kualifikasi mentereng dari seluruh dunia, sehingga kadang dibutuhkan faktor plus saat wawancara untuk mengungguli peserta lain.

Miranda Kalinowski, ‎Global Head of Recruiting Facebook, bicara dengan Business Insider mengenai proses perekrutan talenta untuk raksasa sosial media tersebut. Berbekal pengalamannya menyaring individu-individu terbaik untuk bekerja di Facebook, ia berbagi sejumlah tips untuk membuat pewawancara ekstra terkesan.

1. Tonjolkan kecocokan dengan budaya perusahaan

Berprestasi dan punya keahlian yang sesuai ternyata hanya satu langkah awal untuk dipertimbangkan sebagai pegawai Facebook. Miranda Kalinowski mengungkapkan bahwa Facebook cenderung mencari pegawai yang pengalaman dan etos kerjanya sejalan dengan budaya Facebook.

Katakanlah perusahaan yang Anda lamar terkenal sangat peduli terhadap isu lingkungan, kultur, atau yang lain. Anda mungkin bisa menceritakan tentang proyek kerja atau program volunteer tertentu yang pernah Anda ikuti.

2. Percaya diri

Percaya diri saat wawancara tidak sekedar mengenai postur tubuh yang benar dan nada bicara tegas. Kepercayaan diri ini juga terutama dibutuhkan ketika Anda dihadapkan dengan contoh kasus. Berpeganglah pada pandangan Anda, walau kontroversial sekali pun.

Percaya diri bisa juga berarti berani mengoreksi diri sendiri ketika merasa melakukan kesalahan. Jika Anda merasa salah saat menjawab, tarik nafas, dan silahkan minta kesempatan untuk mengulang jawaban Anda.

3. Santai

Mempersiapkan diri itu penting, tapi rileks saja. Terlalu fokus menghafalkan jawaban malah berisiko membuat Anda gugup dan terkesan kaku. Coba perlakukan wawancara ini selayaknya sesi bincang-bincang, sebuah perkenalan antara Anda sebagai kandidat dan pewawancara sebagai representasi perusahaan. Jangan lupa untuk mempersiapkan pertanyaan cerdas, ya.

Radio JFM – Source