in

Industri Teknologi Masih Didominasi Pegawai Pria – RadioJFM

Dunia teknologi masih didominasi para pria. Hal ini terbukti dari persentase jumlah pegawai wanita di berbagai perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi. Pegawai wanita di Microsoft saja hanya antara 26 persen dari keseluruhan jumlah pegawai. Sementara jumlah pegawai wanita di PayPal belum mencapai seengah dari keseluruhan jumlah tenaga kerja di perusahaan tersebut. Bahkan, jika menelaah lebih jauh, persentase pegawai wanita yang melakukan pekerjaan bidang teknologi di perusahaan teknologi ternyata jauh lebih kecil.

Maka, ke depan, perusahaan di bidang teknologi harus lebih berusaha untuk meningkatkan kesetaraan gender di kantor.  Berikut gambaran komposisi pegawai wanita di berbagai perusahaan berbasis teknologi seperti disarikan dari Statisca.com.

PayPal

PayPal adalah salah satu perusahaan berbasis teknologi yang memiliki banyak pegawai wanita. Namun, komposisinya masih belum seimbang. Karyawan perempuan di PayPal hanya sekitar 44 persen dari keseluruhan jumlah tenaga kerja. Dan, hanya 33 persen pegawai wanita yang memegang posisi pimpinan di Paypal. Berdasarkan catatan CNBC.com, dewan eksekutif PayPal masih didominasi pria. Sebanyak 3 dari 15 kursi dewan eksekutif Paypal diduduki wanita. Sementara itu, pegawai wanita yang benar-benar mengerjakan tugas terkait bidang teknologi hanya 24 persen dari jumlah pegawai.

eBay

Ebay juga sudah memberikan banyak kesempatan untuk para wanita. Sekitar 43 persen pegawai eBay adalah wanita. Namun, pegawai wanita yang memegang jabatan pimpinan baru 29 persen. Sementara, karyawan perempuan yang mengerjakan tugas terkait teknologi hanya 24 persen.

Amazon

Persentase pegawai wanita yang bekerja di Amazon sebanyak 39 persen. Selain itu, manajer perempuan di Amazon berjumlah sekitar 25 persen. Namun, Amazon tidak mengungkapkan data jumlah pegawai wanita yang mengerjakan pekerjaan terkait teknologi.

Twitter

Twitter berkomitmen untuk meningkatkan diversitas di tempat kerja. Mereka selalu melaporkan komposisi pegawai wanita dan pria di kantor sejak 2014. Menurut catatan Businessinsider.co.id, pada 2016 Twitter berencana meningkatkan jumlah pegawai wanita dari 34 persen menjadi 35 persen. Mereka juga ingin menambah jumlah pegawai wanita yang menduduki kursi pimpinan dari 22 persen menjadi 25 persen. Sementara itu, pegawai wanita yang berada di divisi teknologi juga harus bertambah dari 13 persen menjadi 16 persen. Menurut data Februari 2017, sekarang komposisi pegawai wanita di Twitter sebanyak 37 persen dari semua tenaga kerja. Sementara pegawai wanita yang memegang jabatan pimpinan sebanyak 30 persen. Adapun jumlah pegawai wanita yang mengerjakan tugas terkait teknologi sebanyak 15 persen.

Radio JFM – Source