in

Inilah Hal-hal Yang Harus Ibu Ketahui Dan Lakukan Ketika Pertama Kali Menjadi Ibu – RadioJFM

Seseorang yang baru saja melahirkan memang belum memiliki kesiapan yang matang untuk menjadi seorang ibu. Tentu hal tersebut merupakan pengalaman yang pertama kali dan membuat hari-harinya akan semakin stres dan ribet karena akan disibukan dengan kegiatan yang baru.

Maka dari itulah tak heran jika banyak para perempuan muda yang baru saja menjadi seorang ibu merasa kebingungan bahkan merasa tertekan karena betapah tidak mudahnya menjadi seorang ibu sekaligus istri.

Namun jika hal tersebut sudah dipersiapkan sejak dini tentulah tidak terlalu merisaukan, karena sudah mengetahui gambaran ketika sudah benar-benar menjadi seorang ibu.

Oleh karena itulah, ada beberapa hal yang mesti diketahui oleh anda yang sebentar lagi ingin menjadi seorang ibu sekaligus istri. Memang terlalu banyak hal yang mesti disiapkan sebagai seorang calon ibu. Tetapi setidaknya terdapat tiga hal yang sangat penting dan harus diketahui oleh calon ibu.

Tentu tiga hal tersebut sangat menentukan bagaimana ibu dapat memberikan yang terbaik untuk kelangsungan sang buah hati dimasa depan. Sebab itu bukan perkara mudah karena yang namanya mendidik anak pertama kali memerlukan ekstra yang benar-benar sempurna dan tidak boleh salah sedikit pun dimata sang buah hati. Jika terjadi kesalahan maka anak akan mengikuti apa yang telah anda perankan.

Mungkin para calon ibu telah merasa gugup ketika menghadapi proses persalinan. Hal tersebut memang seringkali dialami oleh seorang perempuan yang baru pertama kali mengandung. Perasaan cemas dan was-was itu pasti ada melengkapi hari-harinya.

Sebenarnya ibu perlu mengantisipasi perasaan gugup tersebut karena beberapa ibu yang terlalu panik menghadapi prosess persalinan justru akan berujung hal-hal yang kurang baik. Perlu anda ketahui bahwa adanya kepanikan yang berlebihan akan membuat tekanan darah menjadi naik sehingga hal itu jika dibiarkan akan membahayakan ibu dan juga bayinya yang akan dilahirkan.

Tetapi, justru akan lebih baik jika ibu melakukan persiapan apa saja yang harus dilakukan sebagai seorang calon ibu. Dengan begitu maka ibu akan merasa tenang, dan lupa dengan kepanikan ketika menjelang kelahiran tinggal beberapa hari.

Selain itu, dengan anda sibuk mempersiapkan diri untuk mengatur hidup sebagai seorang calon ibu, maka anda akan bisa dengan mudah merasakan ketenangan dan kebahagiaan yang sangat luar biasa. Rasanya ingin sekali segera melihat si mungil ada di dunia ini, sehingga suasana menjadi lengkap dan penuh warna.

Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika pertama kali menjadi seorang ibu

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang ibu, apalagi jika baru pertama kali. Setelah bayi terlahir di dunia ini tentu tugas seorang ibu akan semakin repot, mengurusi bayi, mengurusi suami, pekerjaan rumah dan masih banyak lagi. Hal itu tidak bisa secara instan dipelajari, melainkan perlu persiapan sejak dini supaya ketika si kecil lahir tidak terlalu repot dan terbiasa dengan aktifitasnya yang baru. Lalu hal-hal apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk anda yang baru pertama kali menjadi seorang ibu.

1. Siapkan mental yang kokoh.

Hal yang pertama harus anda persiapkan ketika pertama menjadi seorang ibu adalah mengatur mental. Apakah yang dimaksud dengan menata mental? Ya, inilah yang pertama kali harus ibu siapkan setelah menghadapi proses persalinan. Ada banyak hal yang bisa terjadi. Sebab setelah melalui proses persalinan ibu akan menghadapi banyak hal seperti: mengurus bayi, memulihkan stamina setelah melahirkan, jadwal aktifitas setiap hari yang berubah dan masih banyak lagi. Justru hal-hal seperti itulah yang bisa membuat ibu merasa stres. Sementara jika ibu merasa stres maka tidak akan bisa memberikan yang terbaik untuk si kecil karena asi tidak keluar. Oleh karena itulah, penataan mental sangat penting bagi perempuan yang baru menjadi ibu.

2. Belajar mengurus bayi.

Bagi ibu baru tentu harus tahu betul bahwa mengurus bayi itu bukan perkara mudah. Memang secara kasat mata terlihat sangat mudah, tetapi jika dipraktekan tidak semudah seperti yang dilihat. Tentu ibu harus benar-benar tahu bagaimana cara merawat bayi yang benar, memandikan bayi yang baik, merawat kulitnya, menyusui bayi dengan benar, dan masih banyak lagi yang lain. Sebaiknya untuk hal itu ibu mengikuti kelas yang diadakan di rumah sakit atau bisa belajar pada orang tua yang dulu pernah merawat anda.

3. Menjalin komunikasi dengan suami.

Sangat penting bagi ibu baru untuk selalu komunikasi dengan suami karena ibu akan sering meminta bantuan suami paska persalinan nanti. Ibu harus melakukan diskusi kepada suami supaya dalam merawat bayi nanti bisa dilakukan bersama-sama. Jadi, tidak hanya ibu saja yang merawat bayinya. Hal itu dimaksudkan supaya ibu tidak terlalu capek dalam mengurus si kecil, karena stamina ibu belum pulih sepenuhnya paska melahirkan. Selain itu, juga ibu tidak boleh terlalu capek karena akan mengurangi kualitas asi yang dikeluarkan untuk si kecil.

Bagaimana? Apakah ibu sudah siap untuk menjadi ibu baru? Semoga hal-hal di atas dapat membantu anda yang sedang memerlukan panduan cara menjadi ibu baru.

Radio JFM – Source