in

Kartu Hijau Pertama dalam Sepak Bola

AUGSBURG, GERMANY - FEBRUARY 01: The referee show the Yellow card during the Bundesliga match between FC Augsburg and TSG 1899 Hoffenheim at SGL Arena on February 1, 2015 in Augsburg, Germany. (Photo by Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images)
AUGSBURG, GERMANY - FEBRUARY 01:  The referee show the Yellow card during the Bundesliga match between FC Augsburg and TSG 1899 Hoffenheim at SGL Arena on February 1, 2015 in Augsburg, Germany.  (Photo by Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images)

Sejarah baru saja terjadi di dunia sepak bola. Tepatnya di Liga Italia Seri B, setelah Cristian Galano menerima kartu hijau pertama kali dalam pertandingan.

Padahal selama ini kita hanya mengenal kartu merah dan kuning saja, dan keduanya digunakan untuk memberikan hukuman jika terjadi pelanggaran. Lalu apa sebenarnya kegunaan kartu hijau tersebut?

Dilansir jfm dari thesportbible, Senin (10/10), berbeda dengan kartu merah dan kuning, kartu hijau bukan untuk memberikan hukuman melainkan sebagai penghargaan kepada pemain yang yang bermain secara fair play.

Hal ini adalah inisiatif dari Official Liga dan telah diumumkan pada awal musim ini. Pemain yang paling banyak menerima kartu hijau pada akhir musim akan mendapatkan award.

Pemain klub Vicenza, Cristian Galano dihadiahi kartu hijau setelah mengakui bahwa sebenarnya tidak ada satu pemain pun defender dari klub lawannya yang melakukan handsball.

Wah, bagaimana ya kalau peraturan ini diterapkan di semua liga di dunia? Pasti menarik sekali.