in

Keuntungan Menjadi Mentor dan Mentee – RadioJFM

Saat baru masuk kerja, Anda mungkin masih meraba-raba tentang banyak hal. Bagaimana cara menyelesaikan tugas dengan taktis? Bagaimana menghadapi klien yang sulit? Manajemen tidak akan langsung “menceburkan” Anda untuk menghadapi dunia nyata. Mereka akan menunjuk seorang mentor untuk membimbing Anda agar bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Anda harus memanfaatkan waktu dan kesempatan saat menjadi mentee. Anda harus bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari mentor. Berikut beberapa keuntungan menjadi mentee seperti dikutip dari Mscareergirl.com.

  • Anda punya akses untuk melihat langsung bagaimana pengalaman kerja di dunia nyata. Anda juga jadi tahu tentang apa yang bisa dilakukan dan yang harus dihindari.
  • Anda bisa mulai membangun jaringan saat berkenalan dengan kolega dan klien dari sang mentor.
  • Anda dapat beradaptasi dan melebur dengan tim lebih cepat.
  • Mentor bisa membimbing pegawai baru sehingga mencapai performa kerja yang baik.

Setelah “lulus” sebagai mentee, mungkin suatu saat nanti Anda juga akan ditunjuk menjadi mentor. Anda harus menerima dan menjalankan tugas itu dengan baik. Jangan anggap kewajiban sebagai mentor hanya menjadi beban dan menambah pekerjaan.

Ketika membantu seseorang untuk memahami sesuatu hal, maka Anda juga mendapat keuntungan. Anda mendapat pengalaman dan bahkan pengetahuan baru yang didapat saat mengajar. Maka, Anda bisa mencoba menjadi mentor di kantor agar bisa belajar sambil mengajar. Berikut beberapa keuntungan menjadi mentor.

  • Melihat sesuatu hal dengan perspektif lebih luas, jelas dan dalam.
  • Mengasah keterampilan sebagai pemimpin.
  • Menyadari pegawai junior yang mungkin punya bakat besar.

Sebagai bonus, Anda mendapat kehormatan untuk melihat pegawai junior berhasil dalam pekerjaannya. Itu tandanya, Anda telah sukses menjadi mentor. Hasil kerja keras Anda akan diperhitungkan saat perusahaan memilih pemimpin masa depan di organisasi.

Di dunia nyata, sistem mentoring terbukti membuat bisnis semakin sukses. Hal ini terlihat dari survey yang dirilis TheBoardlist. Mereka bertanya pada 110 eksekutif wanitta terkait mentoring. Berikut beberapa hal penting dari survey TheBoardlist.

  • Sekitar 80 persen responden pernah punya mentor.
  • Kebanyakan mentor mereka adalah pria (pegawai pria dibutuhkan untuk menjadi menolong agar pegawai wanita lebih maju).
  • Pegawai wanita biasanya memilih pegawai wanita lain sebagai panutan.
  • Lebih dari 80 persen wanita mengatakan bahwa usia menghambat karier. Sekitar 57 persen responden mengatakan bahwa perasaan tentang karier yang terhambat dialami saat wanita berusia muda. Artinya mereka butuh mentor di masa-masa tersebut.

Jadi, faktanya sudah jelas. Anda selalu bisa mendapat keuntungan saat menjadi mentee atau mentor. Demi kemajuan karier Anda sendiri dan keseluruhan organisasi. –Qerja.com

Radio JFM – Source