in

MA Diminta Harus Evaluasi Sistem Peradilan Satu Atap – RadioJFM





Jakarta – Anggota DPR Komisi III, Nasir Djamil menyerukan sistem peradilan satu atap MA harus dievaluasi. Menurutnya, sistem itu harus dievaluasi karena belum memiliki payung hukum atas jabatan sebagai hakim.

“Jadi selama ini, hakim itu independen tapi rasanya PNS, ibaratnya seperti indomie rasa kari ayam. Indomie tapi ayamnya enggak ada, cuma rasa saja. Hakim rasa PNS, itu juga memengaruhi independen hakim. Seharusnya mereka tidak lagi memikirkan, sistem mutasi promosi kenaikan pangkat,”ujar Nasir dalam acara disksui di Restoran Handayani, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2017).

“Sehingga manajemen itu mengikat, ketika ranah eksekutif masih mengikat lembaga peradilan, maka one roof sistem di MA harus dievaluasi lagi sehingga hakim benar independen,” sambungnya.

Karena itu, Nasril mengatakan pemerintah harus memberikan sedikit campur tangan. Sehingga dapat mewujudkan negara dengan kedaulatan hukum sebagai panglima tertingginya.

“Dengan bagaimana mereka menghargai penegakan hukum. Negara di mata rakyat adalah bagaimana mereka melihat penegakan hukum. Semakin hormat mereka dengan penegakan hukum, maka semakin mereka hormat dengan negara,” pungkasnya.

(edo/idh)

Radio JFM – Source