in

Membuat Batasan Jelas Untuk Pertemanan di Tempat Kerja – RadioJFM

Punya teman di tempat kerja memang membuat semangat datang ke kantor. Ketika Anda bermasalah dengan pekerjaan, atasan, atau bahkan keresahan pribadi, setidaknya Anda punya seseorang yang bisa memahami dan mendengarkan keluhan.

Masalahnya, bisakah Anda sepenuhnya mempercayai teman tersebut? Apakah tingkat respek Anda satu sama lain seimbang? Jika Anda tidak merasa mengenal cukup baik rekan kerja tersebut untuk menjawab “ya”, ada baiknya hubungan pertemanan Anda di tempat kerja diberi batasan sehat.

Faktanya, tidak semua pertemanan yang dijalin di tempat kerja bebas dari kerumitan intrik-intrik profesional. Konflik mudah terjadi ketika batasan antara hidup pribadi dan profesional menjadi kabur, misalnya risiko terkena gosip kantor atau perbedaan pendapat yang berujung perpecahan.

Bukan bermaksud curigaan, tapi sama dengan hubungan romansa di tempat kerja, jika Anda ingin tetap fokus pada perjalanan karier dan saat membuat keputusan penting terkait pekerjaan Anda, lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Membatasi interaksi di luar konteks profesional

Ingin makan siang, makan malam, atau happy hour bareng selepas jam kerja? Boleh-boleh saja. Jika Anda ingin menghadiri acara networking atau seminar bersama, lebih baik lagi! Anda tidak dilarang untuk berinteraksi dalam konteks profesional dengannya. Tapi sebisa mungkin jangan mengaburkan batasan profesional dan personal dengan sering mengajak teman kerja keluar di akhir pekan.

Radio JFM – Source