in

Mengatasi Rasa Takut Gagal – RadioJFM

Semua orang tidak suka akan kegagalan. Bahkan, bagi sebagian orang, kegagalan memunculkan ancaman psikologis yang mengalahkan motivasi. Upaya untuk menghindari kegagalan lebih besar daripada motivasi untuk sukses.

Menurut Psychologytoday.com, kegagalan bisa menimbulkan perasaan kecewa, kemarahan, frustasi, kesedihan penyesalan, dan kebingungan. Namun, terkadang perasaan takut gagal timbul bukan karena seseorang tidak bisa mengelola emosi dasar, melainkan karena takut malu.

Sementara rasa malu adalah emosi psikologis yang merusak. Jadi, ketika kegagalan diikuti rasa malu, maka perasaan yang timbul bukannya bersalah atau menyesal. Kita malah merasa ego, identitas ,dan harga diri terluka. Pada akhirnya, kita menutupi kegagalan dengan alasan di luar diri sendiri. Misalnya, menyalahkan keadaan atau menuduh orang lain sebagai kambing hitam.

Orang yang memiliki rasa takut gagal, biasanya mengalami gejala seperti berikut ini:

Enggan mencoba hal-hal baru dan proyek yang menantang.

Menyabotase diri sendiri, misalnya menuda pekerjaan, kecemasan yang berlebihan, tidak bisa mengikuti jalur untuk mencapai tjuan.

Minder atau memiliki kepercayaan diri yang rendah. Biasanya, akan mengatakan hal-hal negative seperti: “Saya tidak akan pernah menjadi cukup baik untuk mendapat promosi” atau “Saya tidak cukup pintar untuk bergabung di dalam tim itu”

Perfeksionis. Hanya ingin mencoba hal-hal yang paling dikuasai dan pasti bisa diselesaikan dengan sempurna dan sukses.

Radio JFM – Source