in

Menghentikan Kebiasaan Potong Kuku di Kantor – RadioJFM

Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda-beda. Ada orang yang selalu rapi saat datang ke kantor dengan rambut klimis, kemeja licin dan wangi. Tapi, ada juga yang cuek dan punya kebiasaan buruk, misalnya: suka memotong kuku di kantor. Ih!

Sebagian orang mungkin tidak masalah ketika ada rekan kerja yang potong kuku di kantor. Mereka tetap fokus bekerja dan mengabaikannya. Asal tidak memerhatikan kegiatan potong kuku, maka tidak perlu merasa jijik.

Namun, ada juga orang yang bisa sangat terganggu dengan kebiasaan buruk itu. Suara ‘klak-klik’ dari alat pemotong kuku mengganggu konsentrasi. Belum lagi jika sang rekan kerja sangat jorok dan membiarkan kukunya berserakan di lantai. Berikut cara menghentikan kebiasaan buruk rekan kerja yang suka memotong kuku di kantor seperti disarikan dari Time.com.

Bicarakan masalah ini secara pribadi

Jika Anda memang terganggu dengan kebiasaan rekan kerja yang suka potong kuku di kantor, maka ungkapkanlah. Ingat, Anda harus tetap bicara dengan sopan. Meskipun rekan kerja tersebut adalah teman dekat Anda, sebaiknya obrolan ini dilakukan secara pribadi. Jangan langsung mendatangi rekan kerja ke mejanya dan melabrak. Sebab, hal itu akan merusak hubungan antara rekan kerja. Lagipula, mungkin saja dia tidak sadar kalau perilakunya mengganggu orang lain.

Sebaiknya Anda mengajaknya bicara empat mata di tempat sepi, misalnya ruang rapat yang tidak dipakai. Pada saat berbicara, Anda tidak boleh terkesan bercanda. Memang, masalah ini sepertinya hanya persoalan kecil, tapi serius buat Anda. Jadi, Anda harus mengatur nada bicara seperti sedang mengangkat sebuah isu penting.

Ketika Anda bicara dengan sopan dan hati-hati, maka sang rekan kerja pun akan menghargai. Bahkan mungkin dia akan berterima kasih sebab Anda peduli padanya. Kalau Anda tidak memberi peringatan sekarang, mungkin orang-orang yang bergosip di belakangnya. Namun, jika dia mengaku terpaksa memotong kuku di kantor karena kuku patah, maka Anda bisa menyarankan agar dia melakukannya di toilet kantor.

Radio JFM – Source