in

Menjawab Pertanyaan Super Sulit di Kantor – RadioJFM

Salah satu kunci sukses dalam karier adalah komunikasi. Dengan berkomunikasi, Anda bisa menceritkan berbagai kisah hebat, menyampaikan ide dengan cara yang menarik, meyakinkan seseorang tentang apa yang mereka inginkan, dan mengelola konflik dengan efektif.

Komunikasi adalah seni, dan Anda mebutuhkannya pada setiap momen dalam hidup. Salah satnya saat Anda dalam keadaan di bawah tekanan kerja di kantor. Bayangkan ketika Anda sedang menghadapi atasan yang bertanya tentang proyek yang terhambat. Sang manajer mencecar dengan pertanyaan yang membuat Anda tersudut. Namun, Anda sendiri belum bisa menjawab, karena masih berusaha menyelesaikan masalah dan mencari tahu jawabannya. Atau Anda tahu jawabannya, namun kenyataannya pahit. Pada saat itu, Anda harus bisa menghadapi situasi dan berkomunikasi dengan baik.

Penulis buku Great Answer to Tough Question at Work, Michael Dodd mengajarkan strategi untuk menjawab pertanyaan sulit di kantor. Berikut beberapa trik yang akan berguna untuk Anda saat berhadapan dengan pertanyaan super sulit di kantor seperti dikutip dari Mscareergirl.com.

Langkah pertama: jawab pertanyaan

Jika Anda punya jawaban atas pertanyaan sulit yang diajukan, bagus! Jawab saja pertanyaan itu dengan jujur. Meskipun kenyataannya pahit.

Namun, jika Anda tidak tahu jawaban dari pertanyaan sulit, maka jujur saja. Lalu Anda harus jelaskan mengapa tidak bisa menjawab pertanyaan. Tetap tegas, jelas dan tidak berbelit-belit. Ketika Anda jujur dan transparan, maka atasan akan menaruh kepercayaan lebih besar. Selain itu, jawaban jujur akan mengurangi beban pada pundak Anda.

Langkah kedua: mengalihkan pembicaraan ke arah yang positif

Setelah menjawab pertanyaan dengan jujur, kemudian Anda bisa mengalihkan pembicaraan ke arah yang positif. Misalnya, Anda melanjutkan kalimat dengan “Hal yang paling penting adalah…” dan “Hal yang harus Anda pahami adalah…”. Kemudian Anda bisa membawa diskusi ke arah yang lebih baik.

Radio JFM – Source