in

Merasa Kesepian di Kantor Mempengaruhi Performa Kerja – RadioJFM

Setiap hari di tempat kerja, Anda mungkin dikelilingi dan berinteraksi dengan puluhan hingga ratusan orang di sekeliling Anda. Tapi rasa kesepian yang mencengkram tidak juga hilang walau berada di tengah keramaian dan interaksi sosial.

Keberadaan orang lain di sekitar tidak selalu menjamin bahwa Anda tidak akan merasa merana, tapi sendiri tidak sama dengan kesepian; beberapa orang bahkan lebih menikmati kesendirian saat bekerja. Namun ketika kesepian ini muncul dari kekurangan hubungan sosial yang bermakna dan perasaan bahwa diri sendiri terisolasi dari rekan sejawat, efeknya bisa mencakup depresi dan isu mental lainnya.

Ketika pegawai merasa kesepian karena tak merasakan adanya kedekatan dengan sesama kolega, ternyata performa kerja pun terkena imbasnya.

Efek negatif merasa kesepian di tempat kerja

Sebuah studi dari hasil kerja sama California State University dan Wharton School of Business yang melibatkan 672 pegawai menelusuri hubungan antara rasa kesepian di tempat kerja dan performa kerja. Para periset yang terlibat menggunakan survei yang diisi oleh pegawai untuk mengukur tingkat kesepian dan laporan dari penyelia yang ditugaskan untuk mengawasi kinerja kerja.

Hasil studi ini menemukan bahwa rasa kesepian di tempat kerja tampak berpengaruh terhadap performa si pegawai, dari rendahnya kompetensi dan efisiensi saat melakukan tugas hingga kesulitan saat dihadapkan dengan kerja sama tim.

Ujungnya, para pegawai ini tidak merasa memiliki ikatan emosional pada perusahaan yang mengakibatkan rendahnya tingkat loyalitas mereka.

Radio JFM – Source