in

Orang Tua Wajib Tahu! Inilah Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak – RadioJFM

Pendidikan untuk anak memang sesuatu yang perlu dipersiapkan sedini mungkin. Sebab jika tidak kedepannya akan merasa keteteran dan tidak bisa mencukupinya. Padahal mendidik dan memberikan pendidikan yang layak merupakan kewajiban dari orang tua. Pendidikan adalah investasi yang baik bagi anak-anak untuk menuju masa depan.

Jika kita sudah siap untuk menikah dan memiliki anak, itu berarti siap juga dengan dana pendidikannya. Pasti sudah tahu bahwa biaya pendidikan anak tidaklah sedikit, artinya harus perlu perjuangan yang maksimal untuk mencapai harapannya.

Lalu apa sajakah yang perlu dipersiapkan ketika menyiapkan dana pendidikan untuk anak? Dalam artikel ini penulis akan mencoba menguraikannya.

Tips jitu menyiapkan dana pendidikan untuk anak

Seperti yang telah kita ketahui bahwa biaya pendidikan di indonesia ini sekarang sudah sangat mahal, bahkan ada yang sampai ratusan juta. Tentu hal itu membuat para orang tua bekerja keras untuk terus menyiapkan biaya pendidikan untuk anak-anaknya. Tak peduli pekerjaan mereka apa, namun keinginannya hanya satu yakni untuk menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini.

Nah bagi anda yang mungkin sedang galau atau bingung bagaimana sebenarnya cara menyiapkan dana pendidikan untuk anak sejak dini yang tepat? Maka di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

  1. Menentukan sekolah yang terbaik untuk anak.

Perlu diketahui bahwa besarnya nominal dana pendidikan harus direncanakan sejak dini, mulai anak masuk TK sampai dengan anak menempuh jenjang Universitas. Dalam memilih instutusi pendidikan harus disesuaikan dengan kemampuan anak dan juga kemampuan ekonomi orang tua tersebut. Jika untuk pendidikan jenjang dasar tentu orang tua tidak harus menyekolahkan anaknya di tempat yang eksklusif, namun yang paling penting anak mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh para pendidiknya dan merasa nyaman. Untuk jenjang pendidikan anak usia dini tentu masih menjadi tanggung jawab sepenuhnya orang tua dalam lingkup keluarganya, karena didalamnya terjadi pembentukan karakter anak.

Orang tua pun juga tidak perlu ngotot untuk menyekolahkan anak-anaknya di tempat yang mahal, karena ada jenjang berikutnya yang harus ditempuh demi kelanjutan pendidikan anaknya nanti, terutama sampai ke perguruan tinggi. Semua keperluan dana pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi perekonomian orang tua dan penghasilan yang dimiliki dalam setiap bulannya. Jangan sampai untuk berhutang hanya untuk dana pendidikan di tempat yang mahal jika memang tidak mampu.

  1. Menghitung perkiraan dari keseluruhan dana pendidikan anak.

Memang kita tidak bisa mengetahui dengan pasti berapa biaya pendidikan untuk beberapa tahun ke depan. Namun yang bisa dilakukan adalah mencoba memperkirakan berapa kisaran biaya untuk pendidikan anak-anak kita. Untuk biaya pendidikan jangka pendek mulai dari TK sampai SD, orang tua bisa menyisihkan dengan menabung sebagian penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anaknya. Setelah itu, ketika anak sudah mulai memasuki usia sekolah sesuai jenjangnya, maka orang tua bisa mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan dana pendidikan anaknya, mulai dari SPP, biaya pembangunan, buku-buku, tekxt wajib dan masih banyak yang lain. Apabila anda memutuskan anak anda sekolah jauh dari tempat anda tinggal, maka anda harus memikirkan juga biaya untuk keperluan sehari-hari seperti makan, sewa tempat tinggal, dan biaya operasional lainnya.

  1. Perhatikan tingkat inflasi dan bunga.

Seperti yang telah kita ketahui saat ini bahwa tingkat inflasi semakin naik, dan akan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh dengan meningkatnya biaya pendidikan untuk anak nantinya. Maka dari itulah, untuk mengembangkan nilai inflasi maka orang tua harus mempersiapkan dana pendidikan yang dapat menekan nilai inflasi tersebut, misalnya bisa diwujudkan dalam reksadana saham, deposito berjangka, properti, investasi emas, dan lainya sebagai dana pendidikan jangka panjang.

  1. Menentukan nominal tabungan.

Apabila dana yang diperlukan dan jumlah waktu anak untuk sampai pada jenjang tersebut, dapat diketahui oleh orang tua, maka orang tua dapat menentukan jumlah tabungan dalam setiap bulannya. Dana pendidikan untuk anak sebaiknya dibedakan, baik yang jangka pendek maupun yang jangka panjang. Peran orang tua adalah mengusahakan untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya yang disesuaikan dengan kondisi financial yang dimilikinya.

  1. Membantu anak mencari beasiswa.

Mungkin jika anda termasuk orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anaknya sampai tinggi tetapi untuk penghasilan kurang mencukupi maka anda bisa mencarikan beasiswa untuk anak anda. Mencari beasiswa tidak harus karena kemiskinan, tetapi karena kecerdasan anak anda. Jadi, doakan anak anda supaya memiliki otak yang cerdas sehingga bisa menempuh pendidikan yang sesuai harapan anda.

Selain menyiapkan dana pendidikan untuk anak, ada pula hal lain yang harus orang tua lakukan untuk anak-anaknya yakni selalu memberikan arahan pada anak-anak mengenai pendidikan yang ingin ditempuh oleh mereka nantinya. Selain itu, orang tua juga memiliki kewajiban untuk membimbing anak untuk membentuk kepribadian dan karakteristik yang berbudi luhur.

Demikianlah pembahasan tentang hal-hal yang harus disiapkan dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Semoga dapat bermanfaat.

Radio JFM – Source