in

Pegawai di Jepang Boleh Pulang Lebih Awal Setiap Akhir Bulan – RadioJFM

Jepang adalah negara yang terkenal dengan budaya kerja keras –sangat keras-. Mereka bahkan menciptakan kata karoshi: meninggal karena kerja berlebihan. Namun, kini pemerintah negara tersebut ingin pegawai perusahaan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat pada Hari Jumat terakhir di setiap bulan. Mereka menyebut kampanye tersebut sebagai Premium Friday. Sehingga karyawan bisa punya waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman, berbelanja dan bersenang-senang.

Tanggapan beragam

Tidak semua orang menyambut gembira kampanye ini. Theguardian.com mengutip hasil survey koran bisnis Nikkei yang dilakukan terhadap 155 perusahaan besar. Kenyataannya, 45 persen responden tidak punya rencana untuk menerapkan skema Premium Friday dalam waktu dekat. Sementara, sekitar 37 persen perusahaan mengaku mengikuti semangat Premium Friday dan berencana untuk menerapkannya di kantor. Sementara itu, pegawai kantoran juga tidak yakin akan kebijakan ini. Berdasarkan polling yang dilakukan Culture Convenience Club, hanya 3,4 persen dari 1603 pekerja merasa pimpinan perusahaan akan mengizinkan karyawan pulang cepat.

Japantimes.co.jp mengutip penyataan Kepala ekonom di Institut Penelitian Dai-ichi, Toshihiro Nagahama yang menyatakan bahwa pegawai perusahaan kecil sulit meninggalkan kantor lebih awal. Kalaupun mereka berpartisipasi pada Premium Friday, maka mereka harus mengganti waktu bekerja di hari lain. Sehingga pada akhirnya kampanye ini tidak mencapai sasaran sebenarnya.

Bahkan, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri pun belum memutuskan secara resmi keikutsertaan pada Premium Friday. “Tapi, saya sudah meminta sekretaris untuk tidak membuat janji setelah jam 3 sore (pada pelaksanaan Premium Friday pertama),” kata Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Hiroshige Seko.

Keuntungan Premium Friday

Radio JFM – Source