in

Pemerintah Ingin DPR Segera Selesaikan Seleksi Bawaslu dan KPU – RadioJFM





Jakarta – Para komisioner KPU dan Bawaslu segera berakhir masa jabatannya, tahun ini. Namun DPR belum juga merampungkan proses seleksi berupa uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon komisioner yang baru untuk lembaga Pemilu itu. Pemerintah ingin DPR segera cepat bekerja.

“Tadi Menteri Dalam Negeri juga sudah menyampaikan bahwa harapannya tentunya untuk pembahasan Bawaslu dan KPU bisa diselesaikan sebelum 12 April,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Pramono yang juga mantan Pimpinan DPR ini percaya para anggota dewan mampu menyelesaikan tugasnya dalam menyeleksi para calon komisioner KPU dan Bawaslu.

Lobi-lobi sudah dijalankan untuk mempercepat proses. Namun bila belum rampung juga saat 12 April, langkah alternatif dilakukan, yakni memperpanjang masa jabatan para komisioner KPU dan Bawaslu.

“Ya kalau belum selesai tentunya akan diambil langkah oleh pemerintah. Alternatifnya, ini pernah terjadi memperpanjang yang ada. Memperpanjang jabatan satu bulan ataukah dengan cara lain,” tuturnya.

Sebenarnya, KPU dan Bawaslu siap bila masa jabatan mereka diperpanjang. Hal ini dinyatakan Ketua Bawaslu Muhammad pada 21 Maret kemarin. Komisioner KPU Arief Budiman menyatakan tak masalah jika masa baktinya diperpanjang.

Komisi II DPR menyatakan belum bisa melakukan uji kepatutan dan kelayakan karena RUU Pemilu belum selesai. Nasib calon komisioner KPU dan Bawaslu itu seolah tersandera karena ada syarat-syarat penyelenggara Pemilu yang mungkin akan diubah dari UU Pemilu lama ke UU Pemilu baru yang kini masih dibahas. Kemudian DPR mengusulkan agar masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu diperpanjang lewat keputusan presiden.

(dnu/jor)

Radio JFM – Source