in

Pengaruh Suhu Ruang Kerja Terhadap Pegawai – RadioJFM

Wilayah Indonesia akan mengalami fenomena Equinox pada 21 Maret 2017. Kepala Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Djatmiko menjelaskan pada Liputan6.com bahwa Equinox adalah salah satu fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa. Biasanya, Equinox terjadi dua kali dalam setahun: sekitar tanggal 20-21 Maret dan 22-23 September.

Menurut informasi yang beredar, fenomena Equinox akan menyebabkan suhu udaa di Indonesia meningkat hingga 40 derajat celcius. Namun, Hary membantah kabar tersebut. Menurut dia, Equinox tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Suhu di Indonesia memang bisa saja naik. Namun, temperatur maksimal di wilayah Indonesia rata-rata hanya mencapai 32-36 derajat Celsius. Lalu, apakah perubahan temperatur memengaruhi pekerja di kantor?

Suhu ruang kantor memicu perdebatan

Ada orang yang terbiasa tidur di rumah dengan menggunakan pendingin ruangan. Ketika suhu luar ruangan naik, maka dia akan merasa udara di kantor terlalu panas. Kemudian pegawai tersebut akan meminta penyetelan ulang air conditioner (AC). Namun, ada juga orang yang tidak terbiasa pakai AC di rumah. Ketika suhu ruangan turun, maka dia akan merasa kedinginan.

Menurut survei yang dilakukan Carrerbuilder terhadap 4.285 pegawai kantoran, suhu ruang kantor adalah salah satu pemicu perdebatan di antara para pegawai. Satu dari lima pekerja mengaku pernah terlibat argumen tentang temperatur ruang di kantor. Satu pihak menyatakan kantor terlalu panas, sementara lawan debatnya menyatakan terlalu dingin. Sementara 18 persen responden mengungkapkan pernah mengubah temperatur ruangan secara diam-diam. Licik!

Selain itu, ada pegawai yang tetap diam dan menemukan cara untuk “berdamai” dengan suhu ruangan. Pegawai yang merasa kedinginan menggunakan baju berlapis, menggunakan jaket sepanjang hari, dan mengambil minuman panas. Sementara pegawai yang kepanasan menyediakan kipas angin mini pribadi.

Suhu ruang optimal untuk bekerja

Radio JFM – Source