in

Persepsi Orang tentang Pakai Make Up ke Kantor – RadioJFM

Bagi wanita, menggunakan make up ke kantor bisa menjadi sebuah isu kompleks. Mereka harus memikirkan “apa kata orang”. Mereka akan menyeimbangkan tata rias wajah agar tampak profesional dan tidak berlebihan.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang terhadap wanita yang menggunakan tata rias wajah di kantor. Berikut beberapa hasil penelitian yang disarikand ari berbagai sumber.

Tampak Lebih Kompeten

Cosmopolitan.com mengutip sebuah penelitian tentang persepsi wanita yang menggunakan tata rias wajah ke kantor. Riset yang dilakukan pada 2011 tersebut memerlihatkan 25 foto wanita yang memakai dan tidak memakai make up pada 91 responden pria dan 177 responden wanita. Peserta penelitian berpendapat bahwa wanita yang menggunakan make up lebih kompeten dan disukai.

Hasil penelitian tersebut senada dengan sebuah studi tentang persepsi wanita dengan make up yang diterbitkan di Perception pada Oktober 2016. Pada riset yng dikutip oleh Scientificamerica.com tersebut, peneliti memotret 40 mahasiswa wanita yang menggunakan dan tidak menggunakan make up. Mereka lalu memerlihatkan foto tersebut kepada 128 mahasiswa pria dan wanita.

Berdasarkan riset, mahasiswa pria melihat wanita yang menggunakan tata rias wajah memiliki prestise. Sehingga wanita lebih mendapat penghormatan. Para peneliti berspekulasi bahwa pria tidak merasa melihat wanita yang menggunakan make up lebih dominan terhadap pria. Para pria juga menganggap bahwa wanita yang mengenakan tata rias menarik dan kompeten.

Tampak Lebih Dominan dalam Hubungan Sosial

Sebaliknya, responden wanita pada penelitian yan diterbitkan Perception, merasa wanita lain yang memakai tata rias wajah kompetitif dan dominan di kehidupan. Dominan dalam kehidupan sosial bisa jadi berarti mengendalikan orang lain atau ada kemungkinan memaksakan kehendak.

Radio JFM – Source