in

Petani Kendeng Demo Lagi, Teten: Kita Tunggu Hasil KLHS – RadioJFM





Jakarta – Sejumlah petani asal Kendeng, Jawa Tengah, kembali berdemo menolak pembangunan pabrik semen. Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki kemudian menawarkan solusi agar tak ada yang dirugikan.

“Solusi terbaik itu begini, memang ini kan keputusan yang harus diambil oleh pemerintah, karena pabrik semennya sudah terlanjur dibangun dengan investasi Rp 5 triliunan. Sekarang pun kalau ini tertunda, kira kira mereka akan kerugian Rp 50 miliar, lupa saya, pertahun atau, saya lupa. Nah, tapi di sisi lain memang kan aspek lingkungan ini juga harus diperhatikan,” kata Teten di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2017).

Sebetulnya para petani Kendeng juga sudah pernah bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Saat itu ditemukan kesepakatan dalam pertemuan tersebut.

“Maka solusinya, ya sudah karena pabriknya sudah terlanjur membangun di sana, sudah investasi Rp 5 triliun, cuma lahan wilayah tambangnya itu kan kira-kira 10 kilometer ya dari pabrik. Itu yang akan dilakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) saja, karena itu kan yang diprotes,” ujar Teten.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan izin baru sembari menunggu hasil KLHS. Menurut Teten, hal itu merupakan kewenangan gubernur.

“Jadi saya kira waktu itu ketemu di situ, nah KLHS ini akan selesai pada bulan April mendatang. Nah tapi sebelum KLHS selesai, ada izin baru dari Gubernur Jateng. Nah, memang pemerintah pusat tidak bisa mencegah karena gubernur punya kewenangan untuk mengeluarkan izin itu. Tapi nanti saya kira penyelesaian dari semua ini memang harus tunduk pada hasil KLHS,” pungkas Teten.


(bpn/jor)

Radio JFM – Source