in

Polisi Belum Tetapkan Provokator Kerusuhan Lapas Jambi – RadioJFM




Jakarta – Polisi belum menyelidiki dalang kerusuhan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Jambi. Semua pihak saat ini fokus menyejukkan situasi di lapas pascapembakaran dan amukan warga binaan.

“Sampai saat ini belum (ditetapkan provokatornya). Kita buat suasana teduh dulu, nyaman kemudian ada pembersihan-pembersihan. Baru dari situ kita akan beranjak untuk mendalami (provokator)-nya,” kata Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2017).

Terkait razia polisi yang yang berujung perlawanan, Martinus menjelaskan memang dibutuhkan penanganan khusus untuk mengendalikan massa, apalagi warga binaan. Karena polisi tak bisa memprediksi satu per satu psikologi mereka.

“Itu massa ya. Massa. Crow itu. Kalau massa berbeda sendiri penanganannya. Karena di dalam massa itu ada psikologi massa yang berbeda. Karena kalau saya sendiri, atau anda sendiri, bertiga, berempat itu psikologinya bisa kita prediksi. Tapi kalau sudah massa itu memang sangat sulit untuk kita deteksi,” terang Martinus.

Ia mengatakan polisi hanya bisa memikirkan prediksi terburuk dari kegiatan razia di dalam lapas, berkaca dari pengalaman yang sudah-sudah.

“Paling kita bisa deteksi dia pasti akan menjadi sebuah anarkis. Oleh sebab itu kita memang harus kendalikan satu per satu orang,” tutur dia.

(aud/idh)

Radio JFM – Source