in

Sambut Raja Salman, Kemlu: Semua Sesuai Protap Tak Ada Istimewa – RadioJFM




Jakarta – Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir mengatakan tidak ada perlakuan istimewa dalam prosesi penyambutan terhadap Raja Salman.

“Indonesia sebagai tuan rumah memiliki protap tersendiri dalam menyambut kepala negara. Tidak ada perlakuan yang istimewa, semua standar operasional prosedur yang dimiliki oleh Indonesia, semuanya standar saja,” ujar pria yang akrab disapa Tata tersebut di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2017).

Tata pun menyatakan bahwa pihak Arab Saudi juga tidak meminta perlakuan khusus saat berkunjung ke Jakarta dan Bali. Namun, pihak Indonesia tetap akan memenuhi jika ada permintaan dari Raja Salman selama dianggap tidak berlebihan.

“Ya jika permintaan tersebut terlalu berlebihan, maka Arab Saudi harus dapat mengerti. Sejauh ini tidak ada permintaan yang signifikan. Semuanya biasa saja,” imbuhnya.

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan pemerintah Indonesia sejauh ini merupakan cerminan dari sambutan yang diberikan oleh negara lain saat Presiden Indonesia melakukan kunjungan ke negara bersangkutan.

“Intinya sama seperti kita kalau kunjungan ke luar negeri, tidak berbeda, sama saja,” kata Tata.

(gla/ams)

Radio JFM – Source