in

Stop Membantu Kolega di Tempat Kerja! – RadioJFM

Jadi orang itu harus baik, harus membantu sesama, be nice, help others. Dari mana pun Anda berasal dan apapun latar belakang Anda, tentu Anda pernah mendengar wejangan sejenis.

Menjadi orang baik yang ringan tangan adalah aspirasi moral universal yang telah ditanamkan sejak kecil, sampai-sampai mayoritas individu berpikir jika tidak melakukannya, rasanya tidak enak hati. Coba Anda pikir sendiri, berapa kali Anda melakukan sesuatu atau membantu seseorang hanya karena tidak enak menolak?

Ketika berurusan dengan permintaan rekan di tempat kerja, tidak semuanya harus Anda sanggupi hanya karena khawatir tidak disukai atau mengecewakannya. Bukan berarti Anda berhenti total menawarkan dan menerima bantuan, hanya saja ada saat-saat Anda baiknya stop membantu rekan kerja. Kapan saja Anda perlu tegas mengatakan tidak?

1. Ketika Anda terlalu sibuk

Biasanya kalau sibuk dengan tugas sendiri atau punya prioritas lain, lebih mudah untuk menolak. Tapi lagi-lagi karena kurang enak hati, bisa jadi permintaan kolega pun masuk antrian. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda untuk membantu kolega, termasuk membantu mengerjakan pekerjaannya, kapan Anda punya waktu dan energi untuk rehat atau mengembangkan diri?

Bila Anda sampai harus lembur atau hanya bisa mengerjakan sebatas deskripsi pekerjaan Anda karena sibuk membantu kolega, kapan Anda bisa membuktikan diri untuk mendapat promosi atau kenaikan gaji? Jjika Anda ingin terus bergerak maju dan tepat waktu mencapai career goals, sedikit keegoisan kadang diperlukan.

Radio JFM – Source