in

Tidur Siang Sebentar Bermanfaat untuk Anda – RadioJFM

Berbagai penelitian telah membuktikan bagaimana tidur sebentar di siang hari membawa keuntungan bagi kesehatan. Misalnya, pada sebuah penelitian tahun 2008, terungkap bahwa tidur sebentar pada siang hari lebih baik dari kafein dalam hal meningkatkan ingatan verbal, keterambilan motorik dan mempersepsikan sesuatu. Sementara penelitian di Yunani menunjukkan bahwa pria dewasa yang tidur siang tiga kali sepekan lebih bisa menghindari risiko kematian akibat serangan jantung dari pada pria yang tidak pernah tidur siang.

Nasa juga melakukan penelitian tentang tidur siang pada 747 pilot. Peneliti memberikan kesepatan untuk para peserta tidur siang selama 40 menit. Waktu tidur yang digunakan rata-rata 25,8 menit. Pilot yang tidur siang menunjukkan peningkatan kinerja dan kewaspadaan. Sementara kelompok yang tidak tidur siang, tidak mengalami hal itu.

Kalau memang kita perlu tidur siang, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Apa manfaat tidur siang untuk pegawai kantoran seperti Anda? Berikut uraian seperti dikutip dari Collective-evolution.com.

Tidur siang 10-20 menit membantu meningkatkan energi dan kewaspadaan. Tidur siang yang sangat sebentar ini membuat Anda tidak mencapai tahap tidur ringan Non-Rapid eye Movement (NREM) yang seharusnya bisa membantu Anda bangun dengan lebih segar.

Tidur siang selama 30 menit justru akan membuat Anda pening dan seperti orang mabuk saat bangun. Perasaan ini akan dialami sekitar 30 menit setelah bangun.

Radio JFM – Source