in

Tujuh Penyebab Sakit Kepala di Tempat Kerja – RadioJFM

Proyek ribet, bos galak, atau gaji yang tak kunjung turun bukan satu-satunya alasan Anda merasakan denyutan tak nyaman di kepala saat bekerja. Hal-hal kecil lain tanpa sadar juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Apa saja itu?

1. Postur tubuh saat duduk

Anda tentu sudah tahu kalau duduk terlalu lama mengancam kesehatan. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk seharian penuh, postur tersebut akan menciptakan tekanan

Solusinya: Jika tidak ada kemungkinan untuk mengganti kursi duduk khusus yang lebih nyaman, pasang alarm untuk mengingatkan Anda agar sesekali bangkit dan bergerak atau melakukan stretching ringan.

2. Tidak sarapan

Mungkin Anda tidak punya waktu untuk sarapan atau sedang mengikuti program tertentu. Sering tidak sarapan tidak hanya mengganggu metabolisme, tapi juga berbahaya terutama bagi yang memiliki tekanan darah rendah. Jika Anda merasa terhuyung-huyung dan kesulitan fokus, bisa jadi sumbernya dari tidak makan di pagi hari.

Solusinya: Kecuali sudah diperintahkan oleh ahli medis, baiknya Anda selalu teratur makan pagi. Jika tidak punya waktu, Anda bisa membuat persiapan malam sebelumnya. Siapkan juga cemilan kecil yang bisa disimpan di laci atau kulkas kantor ketika rasa lapar menyerang.

3. Terlalu sering makan junk food

Makan siang super sehat setiap hari memang ideal, tapi tidak semudah itu. Kadang kala, junk food adalah pilihan paling praktis di tengah kesibukan kerja. Tapi jika terlalu sering dikonsumsi dan terutama jika Anda punya sejarah terserang migrain, Anda bisa terpapar ke risiko sakit kepala akut karena sejumlah kandungan bahan yang kerap ditemui dalam makanan cepat saji diketahui bisa memicu serangan migrain.

Solusinya: Jelas mengurangi asupan makanan siap saji akan membantu mengurangi risiko Anda, dan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi makanan sehat buatan sendiri. Setidaknya, imbangi asupan makanan Anda dengan menjalani hidup lebih aktif.

4. Udara pengap di kantor

Kualitas udara yang terperangkap di dalam gedung tanpa sistem ventilasi yang baik dianggap jauh lebih buruk dari udara di luar. Tak hanya itu, Anda juga terus terekspos gas dan bahan kimia dari pendingin ruangan, partikel beracun, bakteri, dan bahkan jamur di dinding. Efek negatif menghirup udara ini pada tubuh Anda disebut Sick Building Syndrome.

Radio JFM – Source