in

Wabup Banyumas Temui Kendar Bocah SD yang Rawat Ayahnya Sendirian – RadioJFM




Banyumas – Bantuan dari berbagai kalangan terus berdatangan ke rumah Kendar, Bocah kelas 4 sekolah dasar yang harus merawat sang ayah seorang diri. Hari ini, Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan menemui Kendar.

Kendar juga memenuhi semua kebutuhan Ayahnya seorang diri. Sementara Ibu Kendar, Rasmini, terpaksa pergi ke Jakarta untuk mencari penghasilan sebagai asisten rumah tangga agar dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Sedangkan sang kakak, Darmanto (18) oleh warga sekitar dimasukkan ke sebuah pesantren geratis untuk meringankan beban keluarga.

Sementara itu, Kendar (14) dan Darmanto (18) kedua anak pasangan Rasim dan Rasmini, juga diduga mengalami gangguan metabolisme tubuh sehingga pertumbuhannya terganggu dan kedua tangannya tidak dapat menggenggam serta jongkok.

“Tetep diperiksa di Rumah Sakit oleh ahlinya. Jadi kelainannya dimana nanti bisa dikendalikan dan penyakitnya tidak progresif. Saya yakin kalau ini tidak ditangani bisa kaku semuanya. Ini pasti ada gangguan pertumbuhan ya, 18 tahun besarnya segini saja. Kendar juga sama,” ucap dr Budhi Setiawan saat mengunjungi Rumah Kendar, Minggu (12/3/2017).

Baca juga: Kisah Pilu Kendar, Bocah SD Rawat Ayahnya yang Lumpuh Seorang Diri

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Banyumas akan berusaha semaksimal mungkin membantu warganya yang mengalami kesulitan. Termasuk masalah kesehatan keluarga Rasim dan anak-anaknya. Rasim dan dua anaknya, Kendar dan Darmanto akan dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan.

“Ini harus diobatin. Itu biasanya gangguan metabolisme yang akhirnya jadi deformitas namanya, jadi gangguan gerak. Yang jelas nanti diperiksa dan dapat diketahui setelah hasil laboraturium keluar,” ucapnya

“Besok dibawa ke Rumah Sakit, mudah-mudahan bisa cepat ditemukan dan diperiksa lebih lanjut, anak-anaknya juga diperiksa, harapannya supaya tidak tambah parah,” ucapnya.

Baca juga: Bocah SD Rawat Ayahnya yang Lumpuh Seorang Diri, Ini Cerita Sang Ibu

Budhi juga menjanjikan melalui Pemda Kabupaten Banyumas untuk menangani semuanya sampai dengan selesai. Termasuk membantu istri Rasim agar dapat bekerja di wilayah Banyumas, supaya nantinya dapat merawat sang suami dan anak-anaknya, masalah kesehatan hingga secara bertahap memperbaiki rumahnya.

“Nanti dicarikan kerjaan supaya pagi kerja sore bisa ikut ngurus keluarga. Supaya ada penghasilan yang cukup. Nanti dicarikan untuk bisa bekerja apa, paling tidak dikasih pekerjaan atau usaha. Anak-anaknya kalau yang sudah betah di pondok ya di sana saja, kalau yang di sini sekolah saja disini,” ujarnya.

Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan menemui KendarWakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan menemui Kendar Foto: Arbi Anugrah-detikcom

Rasmini mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan, termasuk janji Pemda Kabupaten Banyumas akan memberikan lapangan pekerjaan atau modal usaha agar dirinya tetap bisa menjaga keluarganya.

“Kalau ada tawaran kerjaan saya pilih di sini sambil merawat keluarga,” ujarnya.

(arb/idh)

Radio JFM – Source